BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS
Powered By Blogger

What are you looking for?

12.22.2009

Atlantis, Surga dari Timur?

Mengenai lokasi The Lost Continent, Atlantis, sampai saat ini masih menjadi perdebatan para ahli. Di mana sebenarnya letak peradaban yang hilang tersebut? Dengan mencari-cari info di google (seperti biasa, hehe), penulis menemukan 24 syarat suatu daerah menjadi "kandidat" Atlantis di masa lalu. Di antaranya Atlantis merupakan kerajaan yang sangat subur dengan sistem pertanian teras dan irigasi yang baik (berarti ada di daerah tropis dong, ya ngga?). Lalu merupakan daratan dan lautan yang berselang-seling membentuk pola 3 cincin dengan perbangdingan 1:2:3 (bisa jadi daratannya adalah asia selatan, jawa, sumatra, kalimantan, filipin - papua, australia - amerika latin ; dan lautannya adalah laut china selatan atau samudera hindia - laut di sebelah barat irian - samudera pasifik sebelah selatan). Ciri yang lain adalah berada di luar pilar-pilar hercules. Kemiripan dengan suku aztec dan maya di Amerika latin. Menjadi contoh dalam arsitektur pembangunan borobudur, piramida, dan bangunan kuno suku aztec. Dan ciri yang paling menentukan adalah tenggelam dalam samudra karena gempa dan letusan gunung berapi yang beruntun (mungkin krakatau atau mungkin juga tambora, indonesia) sebelum sempat menyerang Athena (berarti pada saat itu sedang terlibat perang dengan Athena), dan disebutkan dalam cerita bahwa setelah itu jalur pelayaran menuju Athena tertutup (bukankah dari pasifik juga tidak bisa menuju eropa, karena terusan panama itu kan baru-baru ini saja, bener?). Lalu disebutkan juga kalau di Atlantis bertiup angin dari arah utara yang notabene hanya terjadi di belahan bumi utara (tapi menurut saya, yang dimaksud adalah angin yang bertiup secara periodik setahun sekali, yang terjadi di sebelah barat pantai argentina peru chile-sekarang, dimana angin ini datang dari arah barat/asia dan berbalik lagi ke arah barat yang menyebabkan peristiwa el nino sekaran ini. Karena perputaran angin ini terjadi di pantai barat amerika latin, maka tampaklah seperti berasal dari utara. Lalu angin yang berbalik kembali menuju barat tadi, pada jaman Atlantis dulu adalah yang membawa kapal-kapal dapat berlayar keluar masuk pusat kota Atlantis melewati cincin-cincin lautan tersebut di atas). Mengenai nama samudra Atlantik yang berada di sebelah timur Amerika (esp. latin) itu diambil dari nama dewa Atlas (kaisar Atlantis) yang merupakan putra tertua dewa Poseidon (kaisar Atlantis sebelumnya yang kemudian membagi Atlantis menjadi 10 wilayah untuk kelima pasang anak kembarnya). Berdasarkan tulisan Plato, yang menyebutkan bahwa Poseidon mengukir pegunungan dan dijadikan istana sebagai tempat tinggal istrinya (kemudian disebut Atlantis itu) menurut saya adalah rocky mountain yang membujur sepanjang pantai barat Amerika (rocky mountain adalah termasuk pegunungan tua, yang memperkuat dugaan pusat kota Atlantis ada di Amerika Latin yang kemudian menjadi cikal bakal suku aztec).

Jadi sekarang terserah anda ingin menganggap Atlantis is in Plato's mind atau benar-benar percaya Atlantis sebagai peninggalan agung masa lalu yang saya pribadi lebih suka menyebut sebagai Surga dari Timur :)

*penulis adalah awam alias tanpa referensi apapun kecuali khayalan, jadi kalu salah mohon dicoret dan dibenarkan, dihitung lalu dinilai, ok ok ;) yang penting nulis, hidup!!

0 comments: