BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS
Powered By Blogger

What are you looking for?

12.27.2009

Lima Unsur Sifat Seseorang

Dari Air Sampai Api
Penggolongan Sifat Manusia Berdasarkan Unsur di Alam

- dr. Amouresca -

Di musim panas yang sangat menyengat, apakah emosimu juga ikut meledak-ledak seiring dengan naiknya suhu udara? Apakah control emosi dan kesabaranmu sudah cukup bagus? Kalau ada hal yang sekiranya tidak menyenangkan, bagaimana kamu akan mengatasi mood-mu? Di tengah perasaan marah, apa yang akan kamu lakukan?
Sifat manusia pada hakikatnya dapat dibedakan menjadi menjadi 5 macam unsur, yaitu air, kayu,emas, api, dan tanah. Sifat-sifat ini dapat dilihat dari ciri fisik seseorang. Yang perlu diketahui adalah bentuk fisik seseorang bisa berubah-ubah seiring dengan bertambahnya usia, maka dari itu unsurnya juga bisa berbeda-beda.
Di bawah ini penulis berikan beberapa ciri yang mencerminkan masing-masing unsur. Kelompok ciri yang paling banyak mencerminkan kamu, maka itulah unsurmu. Apabila ada jumlahnya yang sama antara unsur yang satu dengan unsur yang lain, maka bisa jadi kamu merupakan campuran dari kedua unsur itu.

Perawakan dan Bentuk Fisik Orang Unsur Air
*warna kulit rata menyeluruh dan condong ke warna gelap
*matanya bulat dan hidup
*bantuk mulut penuh, bibirnya keras
*bentuk alis mirip bulan baru, tidak ada ujung yang lancip
*lengannya berdaging, tapi bukan termasuk gemuk
*bahunya miring ke bawah
*jari dan telapak tangan gemuk dan bulat
*rambutnya banyak dan berwarna gelap
*pantat bulat dan kenyal

Perawakan dan Bentuk Fisik Orang Unsur Kayu
*badannya kurus dan panjang, dengan perbandingan sempurna
*warna kulit putih agak-agak muda, warna kulit wajah putih pucat
*bentuk hidung kurus panjang tidak ada dagingnya
*bentuk ujung tipis dengan garis ujung yang tidak jelas
*warna bulu lebih condong ke warna muda dan jarang
*dahinya sangat tinggi
*tatapan matanya penuh semangat, hitam dan putih sangat terlihat jelas bedanya
*bentuk pinggang tipis dan bulat
*bentuk kaki panjang dan kurus

Perawakan dan Bentuk Fisik Orang Unsur Emas
*bentuk kepala agak bulat
*bentuk wajah bulat tetapi ada perseginya
*warna kulit badan putih cerah
*jidatnya persegi
*alisnya bagus
*bibir condong kemerah-merahan
*ukuran tiga lingkar perbandingannya sangat cantik
*telapak tangan agak rata, agak persegi
*bentuk hidung normal, standar

Perawakan dan Bentuk Fisik Orang Unsur Api
*warna kulit agak kemerahan, kedua pipinya juga agak merah
*bentuk kepala panjang, tetapi bagian dagu bawah lancip
*bentuk wajah ada ujungnya, garis-garis tulangnya terlihat sangat jelas
*hidungnya mancung
*telinganya lancip tipis dan terlihat jelas garis-garisnya
*bentuk alis sangat tipis dan putarannya sangat terlihat jelas
*bahunya kurus, garis tulangnya terlihat jelas
*matanya penuh semangat
*jari tangan kurus-kurus dan panjang

Perawakan dan Bentuk Fisik Orang Unsur Tanah
*wajahnya persegi, kepalanya besar
*warna kulit condong ke kuning
*bentuk kepala bulat tetapi dahinya pendek
*bentuk bibir lebar dan besar
*bagian lehernya pendek
*ujung hidungnya berdaging dan besar
*matanya tipis panjang
*telinganya berdaging dan bentuknya panjang
*punggungnya lurus dan tegap

Orang Unsur Air
Level meledak-ledak : 1
Level pendendam : 4
Level terburu-buru : 3
Level kesabaran dan ketahanan : 3
Level emosional : 3
Karisma Dasar
Air mengalir yang tak bisa ditebak kemana arah perubahannya.
Walaupun tidak selembut air, tetapi orang dengan unsur air ini sifatnya sangat baik hati, dia juga sangat bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan. Di tengah keramaian orang, dia sangat bisa menampilkan keahliannya menari serta keramahannya. Seolah benar-benar menampilkan karisma “air”. Seringkali orang dari unsur ini bersifat sangat aktif dan periang. Selain itu dia juga punya kemampuan menyesuaikan diri yang sangat baik. Dia juga memiliki rasa penasaran yang sangat tinggi, sering memikirkan banyak hal, sehingga punya banyak kekhawatiran dan dia menjadi moody. Rasa penat mudah mendatanginya, namun mudah juga menguap pergi.
Sifat Emosinya
Kalau ditahan dan disimpan terlalu lama, pada akhirnya akan meledak dan tidak bisa dibereskan.
Sama seperti air yang bisa menjalankan kapal, tetapi air juga bisa membalikkan kapal. Orang dengan unsur air ini biasanya sangat enak diajak bersosialisasi, EQ-nya juga sangat tinggi, merupakan oaring yang bisa menghibur orang-orang, bisa menghangatkan suasana. Tapi mereka adalah Mr. dan Miss yang baik-baik, apabila dipukul tidak membalas, dimarahi juga tidak membalas. Tapi kalau kamu benar-benar membuat mereka marah, mereka tidak akan langsung mengkonfrontasikannya ke kamu, tetatpi mungkin menggunakan kekuatan teman atau orang lain untuk membalas. Kehebatan orang berunsur air bukanlah pada tinjunya,melainkan pada mulut mereka. Dengan perkataan-perkataannya, hatimu bisa terebut oleh mereka!!

Orang Unsur Kayu
Level meledak-ledak : 2
Level pendendam : 4
Level terburu-buru : 4
Level kesabaran dan ketahanan : 5
Level emosional : 3
Karisma Dasar
Dewa kayu yang terpendam ribuan tahun.
Bentuk wajahnya terlihat kurus dan tipis tetapi juga sangat segar, sehingga terlihat sangat ramah dan enak diajak bersosialisasi. Tapi sebenarnya orang unsur kayu ini sangat teguh terhadap prinsipnya, kelihatannya saj tidak banyak bicara, tetapi dalam hati seringkali dia memiliki pandangannya sendiri. Biasanya orang unsur kayu ini memiliki sifat terpendam sebagai pemimpin, ahli mengubah urusan yang rumit menjadi singkat dan sederhan. Tapi harus diperhatikan bahwa orang dari golongan unsur kayu ini memiliki prinsip yang sangat keras, sehingga tanpa sadar bisa menjadi pengontrol dan membuat orang tertekan.
Sifat Emosinya
Perkataannya sangat dingin, meski tidak marah tapi bisa membuat suasana mencekam.
Orang unsur kayu ini sebenarnya sangat tertutup, mereka sering kali tidak mau turut campur dengan urusan yang tidak ada kaitannya dengan dirinya. Tapi begitu hal itu ada pengaruhnya dengan keuntungan diri sendiri, maka mereka akan memilih untuk pengertian dan menahan diri. Menurut mereka berdebat dan berusaha meyakinkan itu sangatlah merepotkan, yang terbaik adalah satu sama lain bisa saling mengalah, Karen itu dia akan mengalah terlebih dulu dan menenangkan diri. Kalau lawan terus menantangnya, orang unsur kayu bisa tidak tahan, tapi dia akan tetap diam dan dingin. Kalau dia merasa banyak perkataan yang tidak selaras, dia akan jarang bicara, tidak menggubris sama sekali sampai membuat lawan merasa bersalah.

Orang Unsur Emas
Level meledak-ledak : 2
Level pendendam : 5
Level terburu-buru : 3
Level kesabaran dan ketahanan : 5
Level emosional : 4
Karisma Dasar
Emas yang berkilau dan mewah.
Orang unsur emas pada dasarnya memiliki karisma yang sangat besar, secara tidak sadar membuat orang-orang di sekelilingnya menjadi terpengaruh oleh mereka, sehingga bisa dikatakan mereka ini mempunyai kekuatan besar untuk mempengaruhi dan menggerakkan massa. Tetapi orang unsur emas adalah orang yang sangat memperhatikan penampilannya, sangat sensitive terhadap kata “cantik”. Mereka juga seringkali memikirkan tindak-tanduknya sendiri, selain itu dia juga tipe yang bisa menikmati segala hal yang terjadi di sekitarnya. Dalam menghadapi kahidupan dia selalu penuh semangat dan memiliki tuntutan yang tinggi atas materi, karena pada dasarnya dia menyukai segala hal yang indah-indah.
Sifat Emosinya
Meski sudaj lewat 3 tahun, balas dendam belumlah terlambat.
Orang unsur emas ini sifatnya lembut dan tegas. Mereka yang sangat memperhatikan penampilan itu mungkin kelihatannya penuh semangat, tetapi orang unsur emas ini memiliki tekad yang sangat lemah. Saat menghadapi hambatan dan kesulitan dia sangat perlu bantuan dari teman atau keluarga. Kalau dia bisa bertahan terhadap kesulitan dan membebaskan pikirannya, dan bebas dari pengharapan yang tinggi atas diri mereka, orang unsur emas ini jarang menampakkan emosinya. Tetapi jika sudah terlanjur emosi, mendendamnya akan terus berlangsung lama. (Believe it!! Gw ga bohong)

Orang Unsur Api
Level meledak-ledak : 5
Level pendendam : 1
Level terburu-buru : 5
Level kesabaran dan ketahanan : 1
Level emosional : 1
Karisma Dasar
Api yang membakar membara.
Orang tipe api sejak lahir memang sudah suka terburu-buru, meski begitu biasanya tindakannya sangat tepat. Sebenarnya mudah mengetahui orang tipe api ini dari bentuk tubuhnya. Orang unsur api ini sifatnya sangat hangat, ceplas-ceplos, direct, dan mudah berkorban demi teman yang disukainya. Mempunyai karakteristik yang mudah disukai orang dan semangat yang memudahkannya mengakrabkan diri, hanya saja sifat mereka suka ternuru-buru. Mereka juga seringkali bertindak agak gegabah, kadang bahkan dengan mudah menjadikannya terlibat dalam perselisihan dengan orang lain.
Sifat Emosinya
Emosinya cepat datang, tetapi juga cepat reda.
Orang unsur api yang begitu penuh semangat ini paling takut repot, kurang punya kesabaran terhadap urusan-urusan yang rumit. Seringkali kepalanya harimau tapi ekornya ular, apa yang dilakukannya menjadi sia-sia di tengah jalan. Dia tidak tahan terhadap hal yang terus terjadi berulang-ulang, karena hal seperti itu akan membuatnya merasa terbelenggu. Ketika mood-nya sedang tidak baik mungkin dia akan mengakumulasikan emosinya. Kenudian nanti ketika bertemu dengan siapa saja, mereka akan menjadi sasaran pelampiasan emosinya. Tetapi emosi mereka yang datang tiba-tiba itu, redanya juga cepat. Setelah dikomunikasikan, segalanya akan jadi beres, malah bisa jadi teman baik.

Orang Unsur Tanah

Level meledak-ledak : 3
Level pendendam : 5
Level terburu-buru : 1
Level kesabaran dan ketahanan : 4
Level emosional : 5
Karisma Dasar
Batu besar di tangah gunung yang sifatnya sangat tertutup dan mantap.
Orang unsur tanah mudah diketahui hanya dengan melihat bentuk tulangnya saja. Orang dengan tipe ini sifat tertutup dan stabil, sangat keras kepala terhadap satu hal yang memang dikehendakinya. Dalam melakukan suatu tindakan, dia cenderung melakukannya dengan diam-diam. Walaupun seringkali terlihat pasif, tetapi kalau dia sudah mebuat suatu keputusan, selangkah demi selangkah dia akan mengatasi dan menyelesaikan segala kesulitan yang muncul di depannya. Hanya saja mereka ini kurang tanggap dan kurang cekatan dalam mengurusi segala hal.
Sifat Emosinya
Begitu marah, langsung meledak.
Orang yang tergolong unsur tanah ini mempunyai wajah yang polos dan tidak mudah manunjukkan perasaan dalam hatinya. Semua air mata disimpannya sendiri, mudah jadi stress dan tidak diketahui orang lain. Dia termasuk orang yang pandai menyimpan kesedihannya. Karena itu emosinya jarang sekali ditampakkannya kepad orang lain, tetapi begitu emosi, kemarahannya akn meluap-luap. Jadi jangan coba-coba memancing amarahnya. Lebih baik komunikasikan segala hal dengan baik-baik, sebab dengan begitu umumnya akan mendapatkan hasil yang terbaik.

Cara Cepat Untuk Membuat Emosi Mereda

Unsur Air
Jangan begitu pelit, belakangan ini banyak restoran yang masakannya menggugah selera.
Orang unsur air itu begitu marah sangat mudah jadi asal labrak dan ribut-ribut. Karena tidak terima dia akan terus membantah dan mati-matian beradu mulut denganmu, sampai akhirnya apa yang diributkan sudah tidak jelas lagi. Dia paling tidak bisa terima kalau harus kalah bicara, sehingga dia akan langsung membahasnya habis-habisan denganmu. Kalau kamu tidak ingin kena “jurus”-nya, segera alihkan perhatiannya dan bicarakan hal yang biasanya dia pedulikan, seperti makan, gossip, hiburan, dan lainnya. Awalnya dia mungkin berwajah muram, tetapi ketika sampai di bagian menakjubkan, dia akan gatal hatinya! Hehe

Unsur Kayu
Perkataanmu memang benar, saya setuju dengan pandanganmu!
Orang unsur kayu inibiasanya irit pendapat, begitu mengutarakan pemikirannya seringkali malah bisa diterima banyak orang. Bahkan kadang dia memberikan kesan sangat fokus dan serius. Orang unsur kayu paling tidak tahan kalau langsung dibantah atau diomeli orang di tempat itu juga, karena membuatnya akan kehilangan muka. Tidak peduli pendapatnya itu sangat tidak masuk akal ataupun ditentang banyak orang, dia akan tetap bersikeras. Bahkan hanya dari merasa penat, dia bisa menjadi emosi. Cara terbaik meredam amarahnya adalah dengan mengikuti perkataannya dan setuju dengan pandangannya. Setelah mengakui dan setuju kepadanya sepenuhnya, kemudian secara sederhana ajukan beberapa pertanyaan padanya, supaya dia tahu masalahnya sendiri itu ada di mana-mana dan tidak sampai rebut-ribut dengan orang.

Unsur Emas
Saya tahu kamu sedang tidak gembira, kalau begitu kita obrolkan, oke?
Orang unsur emas ini sebenarnya sifatnya sangat ceria, jarang sekali bisa rebut dengan orang lain. Kalau melihat suatu hal yang tidal enak dipandang dan membuat mereka tidak senang, dia tidak akan langsung ribut denganmu. Hanya saja jika kamu mengatakan perkataan yang tidak mengenakkan hati, dia akan selalu mengomentari perkataanmu dengan sama ketusnya (beneran nih, serius, mulutmu harimaumu, rasakan omelanku!!). Sebaiknya berhati-hatilah dan peringatkan diri-sendiri apakah kamu sudah melakukan perbuatan yang membuatnya tidak senang. Apabila iya, maka cara terbaik meluruskannya adalah dengan mengajaknya bicara secara rasional, serius, dan blak-blakan. Dengan begitu dia juga akan lebih serius mengutarakan pemikirannya, bahkan bisa jadi dia akan jadi lebih menghormatimu.

Unsur Api
Tenang dulu, buktinya adalah saat ini, kamu bisa nilai sendiri.
Membaca kalimat tersebut kita bisa langsung tahu artinya. Orang unsur api itu begitu emosional,dijelaskan bagaimanapun juga tidak ada gunanya (kalau berguna, berarti kamu orang special buatnya). Orang yang menginjak “ranjau”-nya, kalau tidak bisa langsung menenangkannya pastilah akan kena luapan emosinya selama beberapa waktu. Dan kalau orang yang dimarah-marahi itu ikut-ikutan marah, maka pertengkaran mereka tidak akan ada akhirnya (terutama pertengkaran dengan unsur emas yang pada dasarnya berwatak keras). Sebenarnya dengan orang unsur api yang sedang marah itu sama sekali tidak perlu buang-buang air ludah. Kamu bisa langsung memintanya berhenti saat itu juga dan dengan tenang perlihatkan bukti-bukti nyatanya karena mereka sangat mementingkan bukti dan kenyataan. Asalkan kamu memang benar, setelah kajadian itu pasti dia akan menraktirmu makan sebagai penebusan dosa (kalau nggak lagi kering, atau kalau nggak ya emang…..itu derita lo :p). Tapi kalau kamu yang salah, biarkan saja kemarahan orang unsur api ini mereda dengan sendirinya. Maka dalam beberapa minggu, dia akan lupa dan menganggap tak pernah terjadi apa-apa. Bahkan bukan tidak mungkin dia bersikap baik padamu. Percayalah untuk yang ini!!

Unsur Tanah
Kalau bukan xxoo jadi ooxx dong?
Orang unsur tanah yang memiliki sifat sangat hangat itu sebenarnya bukanlah tipe orang yang marah-marah tanpa alasan. Tapi jangan menganggapnya remeh, karena kalau sudah diakumulasiakn, api kemarahannya bisa sangat besar dan melahap segalanya. Menghadapi orang unsur tanah yang selalu memendam amrah harus dengan berkomunikasi secara gamblang dengannya. Memahami di bagian mana yang dia merasa tidak enak di hati dan mencoba menganalisa kejiwaannya, kemudian melihat perubahan ekspresi wajahnya. Ada beberapa orang unsur tanah yang tidak tahan jika kamu terus menebak-nebaknya, sehingga nanti dia akan mebicarakan masalahnya dengan serius. Tapi ada juga dari mereka yang perlu kesabaran ekstra dalam menghadapinya, yaitu dengan berbicara baik-baik dengannya.

Oke, mungkin itu yang bisa penulis bagi. Semoga bermanfaat bagi kamu yang sedang dimarah-marahin unsur api, didiemin unsur emas, atau diajak debat unsur air.. good luck yaa.. kalau dapat traktiran penulis dicipratin, oke-oke? ;)

0 comments: